Amalan Mendekatkan Jodoh

Amalan Mendekatkan Jodoh  – Jodoh adalah hal yang menarik untuk dibicarakan apalagi bagi mereka yang usianya sudah mencukupi. Meskipun jodoh merupakan rahasia Allah swt dan sudah diatur namun sebagai manusia tetap diharuskan untuk berikhtiar dan berdoa. Salah satunya dengan melakukan amalan-amalan tertentu yang mungkin bisa mendekatkan jodoh. Berikut ini 6 amalan mendekatkan jodoh yang bisa dicoba:

Memperbanyak Puasa Sunnah Untuk Menghilangkan Sifat Buruk

Puasa merupakan suatu amalan yang mengharuskan untuk menahan hawa nafsu dari terbitnya fajar sampai matahari terbenam. Puasa juga akan membuat sifat-sifat buruk perlahan berkurang bahkan menghilang. Hal itu tentu saja akan membuat orang yang melakukannya tampak lebih baik dan menarik. Jika sudah seperti itu maka jalan untuk mendapatkan jodoh akan jadi semakin mudah.

Rajin Berdzikir dan Beristighfar

Dzikir diyakini bisa membukakan pintu rezeki dari jalan yang tak terduga. Nah, jodoh juga memiliki konsep yang sama seperti itu. Berdzikirlah sesering mungkin maka bisa saja muncul jodoh dari jalan yang tidak diduga sebelumnya. Beristighfar bisa menghapus dosa bagi yang melakukannya. Dosa seringkali menjadi penghalang bagi seseorang untuk bertemu jodohnya.

Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Untuk Mendekatkan Jodoh

Salah satu amalan mendekatkan jodoh yang sering dibicarakan banyak orang adalah sholat tahajud. Sampai-sampai muncul istilah “jemput jodohmu di sepertiga malam”. Perlu diketahui bahwa salah satu saat mustajab untuk berdoa pada-Nya adalah sepertiga malam. Oleh karena itu lakukanlah sholat tahajud secara rutin dan lantunkan doa untuk memohon supaya dipertemukan dengan pasangan hidup.

Hal itu sejalan dengan firman-Nya di Surat Ath-Thuur ayat 48-49 yang artinya “Dan bersabarlah saat menanti keputusan Tuhan-mu, maka sejatinya dirimu ada di penglihatan Kami, juga berdzikirlah dengan jalan memuji Tuhan-mu ketika dirimu terjaga, serta bertasbihlah kepada-Nya di beberapa waktu pada malam hari dan saat bintang-bintang terbenam (di waktu fajar).”

Baca Juga:  Rajin Ibadah Tapi Akhlak Buruk Ini Sebabnya

Ketika seorang Muslim menginginkan sesuatu termasuk jodoh maka sholat hajat bisa menjadi salah satu amalan yang bisa dicoba. Sholat sunnah ini harus dilakukan dengan niat tulus, ikhlas, dan khusyu untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jangan menganggap jodoh bisa didapat secara instan, sebaiknya lakukan solat hajat secara rutin dan ditutup dengan doa supaya dimudahkan jodohnya.

Senantiasa Menjaga Wudhu dan Memperbaiki Sholat 5 Waktu

Selain mendapat pahala dan keutamaan dengan menjaga atau sering-sering wudhu maka orang tersebut akan memiliki wajah yang bersih dan berseri. Hal itu tentunya akan membuatnya terlihat lebih menarik di mata orang lain. Usahakan juga untuk terus menjaga sholat 5 waktu jangan sampai bolong. Terlebih bagi laki-laki yang nantinya harus menjadi teladan dalam keluarganya.

Berserah Diri Sambil Tetap Menjaga Silaturahmi dengan Orang Sekitar

Cara-cara sebelumnya sudah membahas tentang cara memperbaiki kualitas diri. Oleh karena itu cara terakhir yang bisa diusahakan ketika ingin mendapat jodoh adalah berserah diri. Allah swt sudah mengatur dengan siapa dan bagaimana seseorang akan berjodoh. Tetap jagalah silaturahmi dengan teman dan orang terdekat. Mungkin saja salah satu dari mereka adalah jodoh yang sedang dicari-cari.

Itulah tadi 6 amalan mendekatkan jodoh yang bisa dicoba. Tidak ada amalan yang bisa secara instan membuat orang yang mengamalkannya mendapat jodoh. Manusia bisa berikhtiar namun tetap Allah swt yang menentukan. Jadi tidak perlu kecewa ketika semua amalan tadi sudah dilakukan namun belum mendapat jodoh. Ada baiknya untuk beramal dengan niat mendapat ridho Allah swt.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *