Inilah Cara Dan Jarak Tanam Kelapa Genjah Yang Ideal, Wajib Disimak!

Inilah Cara Dan Jarak Tanam Kelapa Genjah Yang Ideal, Wajib Disimak!

Jarak Tanam Kelapa Genjah

Jarak Tanam Kelapa Genjah – Kelapa Genjah merupakan jenis tanaman yang cukup diminati karena menguntungkan. Menanam pohon kelapa ini tidak harus dilakukan di lahan terbuka dan bisa dilakukan di lahan terbatas. Tentunya jarak tanam kelapa Genjah harus diperhitungkan dengan baik.

Selain itu, kondisi tanah juga perlu diperhatikan supaya bibit kelapa dapat tumbuh subur. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai cara serta jarak tanam ideal untuk kelapa Genja yang wajib disimak:

Mengenal Kelapa Genjah dan Jenisnya

Jenis kelapa ini mempunyai ciri berbatang ramping dari pangkal hingga ujung pohon. Tinggi pohon kelapa Genjah ini relatif pendek yaitu kurang lebih 5 meter. Tidak heran jika jenis kelapa ini disebut dengan dwarf palm tree.

Kelapa Genjah memiliki umur produktif yang cukup lama sekitar 25-50 tahun. Selain itu, pohon ini bisa menghasilkan buah yang banyak di tiap tandannya. Umumnya bentuk buah kelapa ini lebih kecil dan lonjong dibanding jenis lainnya.

Terdapat beberapa jenis kelapa Genjah yang tersebar mulai dari Bali, Jawa, Sumatera, Kalimantan hingga Maluku. Jenis tersebut terdiri dari kelapa Genjah kuning, salak, raja, entog, pandan wangi, dan kopyor.

Rata-rata jenis kelapa Genjah tersebut bisa dipanen saat memasuki usia 3-4 tahun. Selain itu, kelapa Genjah dapat diolah menjadi bahan minyak, makanan hingga untuk kebutuhan tradisi atau upacara adat.

Apa Saja Manfaat Kelapa Genjah?

Kelapa dikenal sebagai buah yang kaya manfaat dari akar hingga daunnya. Jenis kelapa Genjah ini banyak dibudidayakan karena sering dipakai untuk segala kebutuhan. Selain itu, buahnya juga lezat dan segar untuk dikonsumsi.

Kelapa Genjah ini biasanya dijadikan bahan utama pembuatan virgin coconut oil, santan serta gula dari olahan nira. Bagian tertentu dari pohonnya juga bisa manfaatkan untuk kerajinan tangan seperti tali, keset, dan sebagainya.

Baca Juga:  Cara Menata Ruang Tamu Sempit Sederhana, Pilihan Mudah Untuk Tampilan Ruang Yang Lega

Berapakah Jarak Tanam Ideal Kelapa Genjah?

Menanam pohon kelapa tidak boleh sembarang karena sudah memiliki acuan tersendiri dari Permentan. Acuan tersebut umumnya sudah mencakup jarak tanam kelapa Genjah dan proses pemupukannya.

Jarak tanam yang dibutuhkan biasanya mengikuti kondisi lahan yaitu antara 8 m x 8 m maupun 9 m x 9 m. Perhitungan jarak tersebut cukup ideal untuk menanam pohon kelapa di lahan terbatas.

Selain itu, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi tanah serta ketersediaan air di lahan sebelum menanamnya. Pemberian pupuk kandang atau organik umumnya perlu sekitar 10 kg per lubang untuk memperbaiki struktur tanah saat benih baru ditanam.

Cara Menanam Kelapa Genjah

Sebelum menanam kelapa Genjah, pastikan untuk memperhitungkan jarak tanam serta kondisi tanah terlebih dahulu. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi pertumbuhan kelapa. Inilah langkah yang perlu diperhatikan untuk menanam kelapa Genjah, antara lain:

  • Langkah pertama, pastikan sudah mengatur jarak tanam terlebih dahulu berdasarkan lahan yang tersedia.
  • Kemudian, siapkan lubang untuk menanam kelapa Genjah dengan lebar sekitar 40 cm x 50 cm. Diamkan lubang dalam keadaan terbuka selama seminggu.
  • Barulah isi lubang tanam dengan campuran 5 kg pupuk kandang, Trichoderma sekitar 5-10 gram, serta 300 gram SP 36.
  • Setelah itu, potong ujung kelapa Genjah secara miring untuk proses penanaman.
  • Lakukan penanaman dengan mengubur ¾ bagian batok kelapa. Lalu, tutup rata dengan tanah pada ¼ bagian lain ketika memasuki usia 2-3 bulan.
  • Nantinya bibit yang sudah dideder harus disiram secara rutin hingga tumbuh sekitar 30-50 cm. Pencet sabut yang telah dipotong jika ingin mengetahui kebutuhan air sudah cukup atau belum.
  • Terakhir, bibit yang sudah tumbuh bisa dipindahkan ke lahan yang lebih luas.
Baca Juga:  Tips Budidaya Tanam Bawang Merah Untuk Hasil Maksimal Dari Petani Berpengalaman

Demikian pembahasan tentang manfaat, cara menanam hingga jarak tanam kelapa Genjah. Jenis kelapa ini menjadi pilihan tepat untuk ditanam di lahan terbatas. Selain itu, kelapa Genjah memiliki banyak manfaat yang menjadi nilai lebih bagi pemiliknya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *