Jenis Kaca Jendela Rumah

Jenis Kaca Jendela Rumah – Kaca merupakan bagian penting yang pasti ada di masing – masing rumah. Sinar matahari yang masuk dan menerangi rumah setiap harinya. Kaca juga memiliki peran dalam membentuk rumah secara keseluruhannya. Ada banyak jenis kaca jendela rumah minimalis yang bisa pengguna pakai.

Gaya kaca pada rumah sangat berpengaruh sekali terhadap desain rumah. Apalagi untuk yang menyukai konsep rumah minimalis, disini akan dijelaskan beberapa jenis jendela minimalis yang banyak sekali digunakan pada rumah rumah. Simak ulasan berikut.

Kaca Cermin

Nah, kaca cermin menjadi salah satu jenis kaca jendela rumah minimalis yang cocok sekali dipakai. Kaca cermin merupakan kaca yang bisa tampak satu sisi dan tembus pandang. Pemilik rumah bisa mengamati keadaan sekitar tapi orang lain tidak dapat melihat kondisi dalam rumah.

Dengan menggunakan kaca cermin dapat melindungi pemilik rumah apabila ada orang jahat yang hendak meneror rumah, dengan menggunakan kaca cermin dijamin kondisi sekitar lingkungan rumah akan aman terkendali.

Kaca Bening

Jenis kaca jendela rumah ini merupakan jenis kaca paling favorit dipakai utamanya untuk rumah yang berukuran kecil . Kaca ini biasa disebut kaca polos dikarenakan memiliki tampilan rata dan tidak berwarna . Kaca ini dapat membiaskan cahaya lebih dari 80 %.

Kekurangan pada kaca ini tidak dapat menopang atau merangsang sinar matahari, maka dari itu kaca ini tidak direkomendasikan untuk dipakai pada bangunan bertingkat. Sebaiknya sebelum memasang kaca, pemilik rumah mengecek mengenai ketebalan kaca dan ukurannya.

Kaca Es

Sebelum membeli harus tahu, kaca es merupakan salah satu jenis kaca yang sering digunakan pada rumah minimalis. Kaca ini merupakan kata lain untuk jenis kaca yang memiliki tekstur dan efek dekoratif. Tekstur pada kaca ini dihasilkan dengan cara yang sudah ditentu.

Dengan menggunakan kaca ini ruangan akan terlihat lebih cerah serta tidak akan silau karena pada kaca akan memancarkan sinar matahari. Pada waktu siang hari matahari akan terlihat menerangi seluruh bagian rumah.Biasanya kaca ini digunakan pada kamar mandi dan pintu shower.

Baca Juga:  Cara Pasang Roster Beton Sebagai Pagar Rumah Modren Minimalis

Kaca Laminasi

Dengan menggunakan kaca laminasi akan dapat mempercantik rumah. Kaca ini merupakan jenis kaca yang akan tetap berada pada bingkai. Meskipun kaca pecah, ada lapisan kaca yang akan melindungi dalam dan luar kaca yang tidak akan terpisa serpihannya.

Kaca ini bisa digunakan pada zona rumah yang memiliki resiko tinggi, misal pada balkon rumah, pada tangga dan jendela skylight. Alangkah baiknya apabila pengguna menggunakan kaca jendela tipe ini untuk mengantisipasi kaca pecah.

Kaca Patri

Berikutnya, kaca patri merupakan kaca yang didapatkan dengan cara menambahkan zat pada adonan kaca, yang kemudian didapatkan hasil kaca dengan warna yang berbeda beda. Kaca warna ini disusun dalam sebuah bingkai yang berbentuk gambar pada jendela.

Jenis kaca ini banyak sekali digunakan pada bangunan kuno yang ada di berbagai negara termasuk di Indonesia. Bahkan sampai saat ini kaca patri banyak sekali dijumpai pada gereja yang sudah berdiri pada era kolonial.

Kaca Berwarna

Tinted glass atau kaca berwarna dibuat dengan menambahkan cairan khusus dengan takaran yang sudah ditentukan. Jenis kaca ini dapat menahan sinar matahari yang bisa membantu mengurangi daya listrik dengan tidak menghidupkan AC.

Nah, di atas merupakan penjelasan mengenai jenis kaca jendela rumah minimalis yang bisa ditemukan di beberapa toko. Rekomendasi kaca di atas sudah banyak sekali digunakan pada rumah, terutama yang memiliki bentuk rumah minimalis.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *