Wisata Air Terjun Wera

Wisata Air Terjun Wera – Bagi para wisatawan yang ingin berlibur di Provinsi Sulawesi Tengah tepatnya di Kota Palu, Air Terjun Wera bisa menjadi pilihan menarik dan memberikan pengalaman berlibur yang baru di Indonesia. Para wisatawan akan mengunjungi air terjun menakjubkan dan masih alami.

Lokasi air terjun yang ada di balik gunung, membuat gunung ini dikelilingi oleh alam yang asri dan tebing yang masih alami. Tidak heran, bahkan turis mancanegara pun tertarik mengunjungi air terjun ini untuk mendapatkan petualangan baru. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Lokasi Air Terjun Wera

Tempat wisata ini berada di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Untuk lokasi, di Desa Balumpewa, tepatnya Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Jika para wisatawan ingin mengunjungi air terjun ini, para wisatawan harus menempuh perjalanan cukup panjang.

Sekitar 20 sampai dengan 30 km jika perjalanan dimulai dari pusat kota Palu. Para wisatawan tidak bisa menggunakan kendaraan untuk mendekati air terjun. Jadi, harus melakukan trekking di jalur gunung untuk mendekat.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun

Pada awal dibukanya wisata ini, sebenarnya para wisatawan bisa tinggal datang dan tidak perlu membayar. Namun, karena semakin banyak wisatawan yang datang dengan membawa kendaraan. Para wisatawan pun dikenakan biaya parkir untuk masuk ke air terjun.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Terindah di Indonesia

Untuk sepeda motor, biaya parkirnya adalah Rp5.000 per kendaraan dan untuk mobil Rp10.000 per kendaraan. Selain itu, untuk pengembangan tempat wisata selanjutnya setiap orang dikenakan biaya Rp10.000 sekarang.

Jam Buka Tempat Wisata Air Terjun Wera

Masalah jam buka tempat wisata, belum ada ketentuan tetap. Bisa dibilang air terjun ini buka selama 24 jam. Namun, jam-jam terbaik untuk datang ke air terjun ini adalah jam 8 pagi sampai dengan 4 sore.

Karena minimnya fasilitas di tempat wisata, Air Terjun Wera belum memiliki penerangan yang terbilang layak. Karena itu, lebih baik berkunjung ke air terjun saat hari masih terang.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkunjung ke Air Terjun Wera

Sebagai tempat wisata yang terbilang baru dan mementingkan kealamian alamnya, tempat wisata ini belum memiliki banyak fasilitas. Bisa dibilang fasilitas di air terjun ini belum memadai. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu para wisatawan perhatikan ketika memutuskan untuk datang berkunjung, diantaranya:

Membawa Makanan dan Minuman Sendiri

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh para pengunjung adalah pastikan untuk membawa makanan dan minuman sebagai persediaan sendiri. Di sekitar air terjun, jarang ditemukan restoran atau tempat makan.

Ada beberapa warung yang menjual makanan kecil yang pastinya tidak akan mengenyangkan. Oleh karena itu, lebih baik jika membawa makanan dan minuman sendiri.

Bawa Kantong Plastik Untuk Tempat Sampah

Ada baiknya ketika mengunjungi tempat wisata alam, para wisatawan tidak meninggalkan sampah di tempat wisata, termasuk di air terjun ini. Karena itu, sangat disarankan untuk membawa kantong plastik sendiri sebagai tempat sampah.

Karena di air terjun ini para wisatawan akan kesulitan mencari tempat sampah. Dengan membawa kantong sendiri, para wisatawan bisa ikut menjaga kebersihan tempat wisata ini.

Pastikan Kondisi Kesehatan Fit

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para pengunjung tidak bisa langsung mendekati air terjun dengan kendaraan. Namun, harus melewati rute trekking terlebih dahulu. Rute trekking yang harus dilewati lumayan jauh. Karena itu, pastikan tubuh dalam keadaan fit untuk melaluinya.

Baca Juga:  Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan Tubuh

Siapkan Uang Tunai dan Pecahan yang Pas

Untuk membayar biaya parkir dan tiket masuk, biasanya para penjaga tempat wisata hanya menerima uang tunai. Jadi, para pengunjung dipastikan tidak bisa membayar dengan metode pembayaran lain.

Selain itu, pastikan untuk membawa pecahan uang kecil dengan jumlah yang pas. Jadi, ketika melakukan pembayaran tidak repot untuk mencari uang kembalian lagi.

Itulah informasi mengenai tempat wisata Air Terjun Wera. Bagi para wisatawan yang ingin merasakan sensasi petualangan di alam yang masih alami dengan pemandangan yang menakjubkan, air terjun Wera ini bisa menjadi tujuan wisata yang tepat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *