Amalan Siti Fatimah Az Zahra Sang Wanita Ahli Surga

Amalan Siti Fatimah Az Zahra Sang Wanita Ahli Surga

Amalan Siti Fatimah Az Zahra

Amalan Siti Fatimah Az Zahra – Sebagai satu dari 4 pemuka wanita ahli Surga, Siti Fatimah Az Zahra menjadi sosok yang patut dijadikan teladan bagi perempuan muslim. Begitu dekatnya Siti Fatimah dengan Ayahanda yaitu Rasul SAW, membuat Siti Fatimah mendapatkan pelajaran mengenai amalan yang baik. Amalan Siti Fatimah Az Zahra tentu sangatlah banyak. Berikut beberapa amalannya:

Menjaga Aurat

Memiliki sifat malu adalah sebagian dari iman. Siti Fatimah selalu patuh untuk menjaga auratnya. Bukan hanya karena ketaatannya kepada Allah SWT, namun juga karena sifat malu yang dimiliki.

Saking mulianya Siti Fatimah, beliau berwasiat untuk ditutupi lekuk tubuhnya ketika kelak meninggal dan hanya dipakaikan kain kafan. Wasiat ini lah yang saat ini diterapkan dalam keranda untuk membawa mukmin yang meninggal dan hendak dikuburkan.

Doa pada hari Kamis

Menurut Hadits Riwayat Muslim, amalan yang dilakukan manusia akan diperiksa di hadapan Allah sebanyak 2x dalam seminggu, yaitu Senin dan Kamis. Akan diampuni dosa bagi semua orang yang beriman. Namun tidak bagi orang yang saling bermusuhan dengan saudaranya. Pada hari Kamis, Siti Fatimah melakukan amalan berupa doa yang rutin dibaca. Doa tersebut adalah:

“Ya Allah, aku mohon petunjukMu, kehormatan, kekayaan serta beramal sesuai apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, aku mohon kekuatan dari-Mu karena kelemahan kami, kekayaan dari-Mu karena kefakiran dan kepapaan kami, dan kearifan dan ilmu dari-Mu karena kejahilan kami.”

Tasbih Tahmid dan Takbir

Amalan Siti Fatimah Az Zahra lainnya adalah amalan yang dilakukan agar tidak lelah ketika mengerjakan tugas rumah tangga. Siti Fatimah sering bekerja menggiling gandum sendiri dengan tangannya. Hingga tidak hanya rasa lelah yang muncul, tetapi juga bintik hitam di telapak tangannya. Kemudian suaminya Ali bin Abi Thalib meminta Siti Fatimah pergi menemui Rasul SAW untuk meminta hamba sahaya untuk membantu pekerjaannya.

Baca Juga:  7 Cara Menata Tanaman Hias Di Teras Rumah Bergaya Minimalis

Rasul SAW meminta Siti Fatimah untuk bertakwa kepada Allah SWT dan tetap menjalankan pekerjaan rumah tangga tersebut. Kemudian Rasul mengajarkan suatu amalan yang lebih baik daripada mendapatkan hamba sahaya. Amalan tersebut adalah membaca 33x Subhanallah, 33x Alhamdulillah, dan 33x Allahu Akbar. Kemudian total 99x dzikir tersebut digenapkan dengan bacaan:

Laa ilaaha illallah wahdahu laa Syarikalah, Lahul Mulku walahul hamdu Yuhyi wa Yumitu wa Huwa ‘ala Kulli Syai-in Qodir.

Baca Juga : Amalan Habib Umar Bin Hafidz Tiap Malam! Dijamin Rejeki Ngalir Terus

Sedekah pada Fakir Miskin dan Puasa Nazar

Siti Fatimah bersama dengan suaminya pernah melakukan puasa nazar untuk meminta kesembuhan buat hatinya selama 3 hari. Namun pada ketiga hari tersebut, ketika ingin berbuka, mereka didatangi orang yang meminta makanan mereka.

Mereka didatangi orang berpakaian lusuh yang kelaparan, anak yatim, dan tawanan perang selama 3 hari berturut-turut. Dengan ikhlas dan hati lapang, Ali bin Abi Thalib beserta Siti Fatimah memberikan makanan mereka.

Dari cerita singkat di atas, terdapat dua hal yang dapat kita amalkan. Yang pertama adalah melakukan puasa nazar kepada Allah untuk meminta sesuatu. Sedangkan yang kedua adalah ikhlas memberi kepada orang yang lebih membutuhkan ikhlas hanya mengharap ridha dari Allah SWT.

Itu dia 4 amalan Siti Fatimah Az Zahrah untuk dilakukan oleh kaum muslim, tidak hanya wanita namun juga pria. Siti Fatimah yang telah dijanjikan Surga saja masih mengkhawatirkan dosa dan giat melakukan amalan untuk mendapat pahala. Sikap terpuji ini patut kita tanamkan dalam diri kita yang ingin juga mengikuti jejaknya untuk dijamin masuk ke Surga oleh Allah SWT.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *