Hikmah Membayar Zakat

Hikmah Membayar Zakat – Bulan suci ramadhan memang bulan yang penuh keberkahan dan kemuliaan. Dimana pada bulan tersebut seluruh umat muslim diharuskan untuk melaksanakan ibadah puasa. Selain itu, umat muslim juga mesti mengeluarkan sebagian harta miliknya untuk membayar zakat. Tentu, berbagai keutamaan yang bisa diambil bagi umat muslim yang menjalankannya. Lantas, apa hikmah membayar zakat?

Membayar zakat di bulan ramadhan memang sangat wajib untuk dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu. Sebab, zakat berfungsi sebagai penyempurna ibadah puasa. Hanya saja, terkadang masyarakat hanya menunaikan zakat namun tidak mengetahui hikmah dari membayar zakat. Maka dari itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa keutamaan membayar zakat di bulan suci ramadhan:

Menyempurnakan Iman

Seperti yang sudah diketahui bahwa zakat termasuk dalam rukun islam yang ketiga. Jadi apabila umat islam yang mampu namun belum menunaikan zakat maka keislamannya belum sempurna. Maka dari itu menunaikan zakat juga termasuk kewajiban bagi umat muslim supaya bisa menyempurnakan imannya. Dengan, menunaikan zakat maka rasa kepedulian umat muslim terhadap sesama lebih meningkat.

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits HR. Bukhari: 13 bahwa “Seorang muslim tidaklah beriman (dengan iman yang afdhal) hingga dia mencintai saudaranya layaknya dia mencintai dirinya sendiri. Maksudnya, apabila memiliki harta yang lebih maka alangkah baiknya jika membiarkan sebagiannya kepada orang yang membutuhkan.

Membersihkan Hati dan Diri

Zakat memang sangat ampuh untuk membersihkan dan mensucikan diri seseorang bagi yang menjalankannya. Sebab, jika seseorang telah menunaikan zakat maka sudah dipastikan telah tergolong dalam orang yang murah hati. Selain itu, mampu untuk menghindarkan diri dari orang yang pelit. Bahkan dirinya merasa akan lebih sempurna jika sudah memberikan sesuatu kepada sesama.

Baca Juga:  Amalan Siti Fatimah Az Zahra Sang Wanita Ahli Surga

Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 103 yang menjelaskan bahwa, Ambillah zakat dari separuh harta mereka, dengan zakat yang dikeluarkan maka kamu mensucikan mereka dan berdoalah untuknya. Ketahuilah bahwa doa yang kamu panjatkan akan menentramkan jiwa mereka. Dan ketahuilah bahwa Allah maha mendengar dan maha mengetahui.

Mempererat Tali Persaudaraan

Bagi yang ingin mengetahui Apa hikmah membayar zakat selanjutnya adalah mempererat tali persaudaraan. Dimana umat muslim yang telah menunaikan zakat tentu saja telah membantu saudara yang mengalami kesusahan. Tentu saja, hal ini bisa mengatasi kesenjangan sosial serta rasa persaudaraan antara penerima dan pemberi zakat bisa tercipta dengan sendirinya.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam hadits HR Bukhari: 13. Dimana hadits tersebut mengandung makna bahwa sudah sepatutnya umat muslim saling berbagi dan membantu sesama yang mengalami kesulitan. Sebab, iman seseorang akan lebih sempurna jika telah membantu sesama dalam bentuk zakat. Maka dari itu, menunaikan zakat bagi orang yang mampu sangat wajib dilaksanakan.

Menjadi Perlindungan di Hari Akhir

Hikmah zakat yang terakhir adalah menjadi perlindungan di hari akhir. Tentu saja hal tersebut sudah jelas tercantum dalam QS: At-Taubah ayat 34-35 yang mana mengajarkan bahwa “Dan apabila seorang yang menaruh hartanya lalu tidak menafkahkannya di jalur Allah maka sampaikanlah kepadanya, (bahwa dia akan mendapatkan) azab yang lebih perih.”

Dari hadits tersebut sudah jelas bahwa jika umat muslim mempunyai harta lebih, sebaiknya tidak menyimpannya sendiri. Sebab, harta benda yang disimpan untuk diri sendiri itu hanya milik di dunia namun tidak akan dibawa mati. Karena yang dibawa mati hanyalah amalan kebaikan.

Itulah tadi penjelasan singkat terkait dengan apa hikmah membayar zakat di bulan suci ramadhan. Jadi bagi yang belum menunaikan zakat dan sudah mampu untuk menjalankannya maka alangkah baiknya jika menunaikannya dari sekarang. Sebab, bukan hanya menyuguhkan pahala yang banyak, namun juga mempunyai beragam keutamaan lainnya.

Baca Juga:  Belanja Berhemat dan Transaksi Cerdas dengan Kartu Debit BNI
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *