Pahala Lelah Mencari Nafkah Bagi Orang Yang Profesional

Pahala Lelah Mencari Nafkah Bagi Orang Yang Profesional

Pahala Lelah Mencari Nafkah

Pahala lelah mencari nafkah merupakan salah satu ibadah yang diharapkan oleh semua orang yang bekerja secara halal untuk keluarganya. Apalagi nafkah yang dihasilkan adalah salah satu amalan dalam jihad yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Banyaknya orang yang masih minder dan beranggapan bahwa jika bekerja keras mencari nafkah merupakan bentuk cinta terhadap dunia. Namun anggapan itu dapat dibenarkan jika bekerja dalam kemaksiatan, sedangkan mencari nafkah dalam koridor yang halal sangat dimuliakan oleh Allah.

Kemuliaan Mencari Nafkah dalam Bekerja secara Profesional

Bekerja keras untuk anak-anak, istri, orang tua, hingga kerabat agar terhindar dari sifat mengemis kepada orang lain merupakan bentuk kemuliaan. Pahala lelah mencari nafkah bisa dicapai jika orang-orang dalam bekerja menggunakan semua keterampilan yang dimiliki agar bermanfaat bagi semua pihak.

Selain menggunakan keterampilan sepenuhnya, orang yang bekerja keras dituntut untuk profesional dengan kontribusi terbaik kepada perusahaan atau pihak terkait lainnya. Bekerja juga harus sepenuh hati bukan sekedar gaji saja, hal ini berdasarkan hadits riwayat Ahmad dalam dalilnya.

Hingga Allah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk bekerja, karena dalam sunnahnya diterangkan mengenai orang yang mencari rezeki adalah kewajiban. Bahkan dalam ajaran syariat Islam bahwa hidup harus seimbang, artinya sangatlah zalim orang yang tidak mau bekerja karena alasan lainnya.

Keistimewaan Pahala Mencari Nafkah untuk Keluarga

Dalam hidup untuk menggapai suatu tujuan, cita-cita hingga rezeki perlu adanya perjuangan yang harus dilakukan tiap masing-masing orang. Akan tetapi beberapa orang berpendapat bahwa bekerja keras sangatlah melelahkan, sehingga perlu mengetahui amalan atau pahala lelah mencari nafkah.

Nafkah sebagai Pahala Bersedekah

Rezeki yang didapatkan dari perjuangan keras dalam bekerja merupakan salah satu bentuk pahala yang sangat diharapkan oleh semua orang. Apalagi rezeki dari hasil yang halal sangat dianjurkan oleh Allah untuk diberikan kepada anak-anak, istri hingga kerabat lainnya.

Baca Juga:  Wajib Tahu! Apakah Melahirkan Caesar Dapat Pahala

Tujuan yang dilakukan saat semua orang mendapatkan rezeki untuk keluarganya merupakan salah satu bentuk ibadah bersedekah. Sehingga ibadah tersebut hanya untuk menggapai ridho Allah dan harta untuk makanan dinilai sebagai sedekah sesuai dengan Hadits riwayat Ahmad.

Selain itu salah seorang syaikh rahimahullah menjelaskan konsep pahala bersedekah dari memberikan rezeki kepada keluarga. Diterangkan bahwa Allah lebih mencintai orang memberikan rezeki kepada keluarga sebagai suatu kewajiban dibanding sunnah dengan bersedekah kepada fakir miskin.

Dapat Menghapus Dosa

Orang yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya hingga lelah yang dirasakan maka Allah akan menjamin dosa-dosanya akan terhapus. Dalam hadits riwayat Bukhari menjelaskan bahwa dosa yang tak dapat dihapus oleh ibadah-ibadah lainnya dapat terhapus dengan lelahnya mencari nafkah.

Selain itu dijelaskan pula dalam hadits riwayat Ahmad mengenai ampunan dari Allah bagi hamba-Nya yang merasakan kelelahan bekerja. Dalam hadits itu disebutkan bahwa orang yang lelah di malam hari dari keterampilan pada siang hari akan diampuni oleh Allah.

Mendapatkan Balasan yang Sempurna

Pada tubuh yang lelah dari bekerja yang sangat gigih, Allah akan menjamin balasan berupa rezeki atau pahala yang diterimanya. Hal ini sesuai dengan surah An-Najm ayat 39 sampai 41 yang menyebutkan bahwa usaha akan dibalas dengan balasan yang sempurna.

Dilindungi oleh Allah dalam Setiap Kegiatan

Perjuangan yang keras dari pagi hingga malam dan lelah pada tubuh yang dirasakan maka akan mendapatkan perlindungan dari Allah. Dalilnya terdapat pada surah Al-Ankabut ayat 69 disebutkan bahwa menggapai keridhoan Allah akan ditunjukkan jalannya kepada orang yang berusaha untuk mencari nafkah.

Baca Juga : Amalan Supaya Orang Bayar Hutang Yang Ampuh

Merupakan Amalan Shaleh

Walau tubuh sudah merasakan lelah dalam mencari rezeki, namun perjuangan yang dilakukannya merupakan bentuk amalan shaleh. Hal ini tertuang pada surah Al-Fushilat ayat 33 bahwa orang yang menyerah diri dalam kelelahan bekerja maka merupakan amalan shaleh.

Baca Juga:  Pahala Membaca Al Qur_an Di Hp, Harus Tahu Sebelum Coba!

Jalan untuk Membahagiakan Keluarga

Orang yang sangat bekerja keras maka akan mendapatkan pahala lelah mencari nafkah berupa jalan untuk membahagiakan anggota keluarganya. Bahkan Allah memerintahkan memuliakan Ayah dan Ibu melalui jalan bersedekah dari hasil kerja keras.

Demikian penjelasan mengenai pahala lelah mencari nafkah dari hasil kerja keras untuk menghidupi keluarganya, baik anak-anak, istri dan orang tua. Nikmati proses perjuangan tersebut dari setiap cucuran keringat yang berjatuhan, sehingga Insya Allah akan dibalas dengan pahala yang setimpal.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *