Hikmah Dari Aqiqah

Hikmah Dari Aqiqah – Suatu ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT, pastinya memiliki hikmah serta manfaat yang baik untuk umat. Salah satunya amalan dimana ketika seseorang yang terlahir di dunia, maka harus melaksanakan hal tersebut. Amalan ini adalah Aqiqah, yang harus dilaksanakan baik laki-laki maupun perempuan. Adapun berikut penjelasan dan hikmah dari Aqiqah tersebut:

Apa Itu Aqiqah?

Amalan atau ibadah mengenai Aqiqah ini merupakan suatu hak seorang anak yang sunnahnya dilaksanakan oleh orang tua. Dimana, pelaksanaan dari aqiqah ini, bisa dilakukan ketika anak lahir sampai sebelum baligh. Pelaksanaan dari amalan ini merupakan suatu bentuk dari rasa syukur terhadap kelahiran dari anak.

Secara definisinya, Aqiqah merupakan menyembelih domba atau kambing sebagai tanda dari rasa syukur atas anak yang lahir. Diriwayatkan pada hadits Bukhari bahwa Aqiqah memiliki hukum sunnah muakkad, yang diartikan amat ditekankan. Namun, hal tersebut terkhusus ditekankan bagi para Muslim yang mampu.

Apabila, seorang anak telah berakhir masa balighnya, maka sunnah orang tua sudah gugur. Dengan demikian, si anak bisa mengAqiqahkan dirinya sendiri. Ketentuannya, untuk anak perempuan yakni satu kambing. Sementara, untuk anak laki-laki yakni dua kambing.

Ketentuan Aqiqah dan Amalannya

Dalam melaksanakan suatu amalan ibadah tentu memiliki ketentuan yang disyariatkan. Hal ini juga berlaku pada kegiatan Aqiqah yang memiliki ketentuannya. Seperti yang telah disinggung tadi bahwasanya aqiqah merupakan kegiatan penyembelihan hewan berupa kambing. Dalam menyembelih tersebut bertujuan untuk rasa syukur atas kelahiran seorang anak.

Baca Juga:  Pahala Wanita Menjadi Tulang Punggung Keluarga - Simak Di Sini!

Dalam hal ini, terdapat ketentuan yang berbeda anak perempuan dan laki-laki. Dimana, jika anak laki-laki ketentuannya sembelih dua kambing. Sementara, anak perempuan sembelih satu ekor kambing. Dalam pelaksanaan Aqiqah selain menyembelih kambing juga terdapat amalan atau anjuran lain. Misalnya mencukur rambut dari bayi, kemudian mendoakan anak tersebut.

Hikmah dari Aqiqah

Setiap amalan yang diperintahkan memiliki hikmah yang besar untuk umat manusia. Hal ini juga ada pada Aqiqah yang memiliki hikmah dalam pelaksanaannya. Berikut ada beberapa hikmah yang perlu diketahui dalam melaksanakan Aqiqah:

Meneladani Kisah Nabi Ibrahim

Hikmah pertama, dapat menghidupkan kembali perihal meneladani kisah nabi Ibrahim A.S. Dimana, ketika itu Allah SWT menebus putra dari Nabi Ibrahim yang akan disembelih yakni nabi Ismail A.S. Allah SWT menyuruh Jibril untuk menyampaikan bahwa Ismail untuk diganti dengan domba. Kisah ini sangat luar biasa dan mengharukan.

Perlindungan dari Setan

Melaksanakan aqiqah ini tentu memiliki hikmah yang bisa diambil, dimana aqiqah sendiri mengandung unsur perlindungan. Dalam hal tersebut, anak akan dilindungi dari gangguan setan. Sesuai dengan suatu hadits yang didalamnya berisi bahwa setiap anak tergadai dengan aqiqahnya. Maka, anak yang telah ditunaikan aqiqah oleh orang tunaya akan terlindung dari gangguan setan.

Baca Juga : Pahala Lelah Mencari Nafkah Bagi Orang Yang Profesional

Tebusan dan Mendekatkan diri Kepada Allah SWT

Selanjutnya, hikmah dari aqiqah adalah sebagai suatu tebusan. Dimana, tebusan ini berlaku bagi anak nantinya memberikan syafaat untuk kedua orang tuanya. Hal tersebut sesuai dengan pada hadits Imam Ahmad.

Selain itu, hikmah aqiqah juga sebagai pendekatan diri kepada Allah SWT. Hal tersebut menjadi suatu wujud adanya rasa syukur kepada Allah SWT. Sebab, telah terlahir ke dunia seorang anak.

Baca Juga:  Layanan Digital Bank BNI Sangat Mempermudah Kita

Rasa Gembira dan Memperkuat Ukhuwah

Melaksanakan Aqiqah bisa menjadi sarana untuk menampakkan rasa gembira melaksanakan yang disyariatkan Islam. Sebab, bertambahnya keturunan mukmin umat Rasulullah SAW. Selain itu, juga akan mempererat persaudaraan di masyarakat. Hal ini, karena dalam melaksanakan aqiqah akan membagikan daging kepada masyarakat.

Itulah tadi penjelasan mengenai Aqiqah serta ketentuannya. Dimana, dalam hal ini memiliki hikmah dari aqiqah yang dilaksanakan tersebut. Aqiqah memiliki hikmah besar kepada anak, orang tua bahkan masyarakat sekitar.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.