Tempat Wisata Di Jogja

Tempat Wisata Di Jogja – Tempat wisata di Jogja tidak terhitung banyaknya dan bisa menjadi tujuan liburan. Sering kali tempat wisata ini menghabiskan banyak biaya untuk tiket masuknya saja. Namun, sebenarnya ada banyak sekali pilihan tempat wisata tanpa HTM di Jogja.

Benar sekali para wisatawan bisa menikmati berbagai tempat wisata tanpa perlu membayar tiket masuk. Walaupun begitu, liburan pasti akan tetap seru selain lebih hemat. Berikut adalah 5 pilihan tempat wisata tanpa HTM yang bisa dikunjungi di Jogja.

Gumuk Pasir di Parangkusumo

  • Alamat : Jalan Pantai Parangkusumo, Grogol, Parangtritis, Bantul, Yogyakarta.
  • Jam Buka : 07.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Gumuk Pasir adalah salah satu fenomena alam yang menjadi tempat wisata di Yogyakarta. Padang pasir ini akan memberikan vibe timur tengah yang unik dan menarik. Namun, berbeda dengan padang pasir lain. Padang pasir ini, terbentuk dari debu vulkanik dari gunung Merapi.

Hanya ada dua fenomena alam seperti ini di dunia. Salah satunya adalah gurun pasir Meksiko. Para wisatawan memiliki kesempatan untuk mengambil foto yang unik dan estetik.

Ada berbagai aktivitas lain yang bisa dilakukan, misalnya seluncur pasir, mengunjungi pantai, atau mungkin menyewa jeep. Untuk masuk ke Gumuk Pasirnya sendiri gratis namun untuk aktivitasnya para wisatawan harus membayar.

Bukit Parang Endog di Bantul

  • Alamat : Hutan Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Bantul, Yogyakarta.
  • Buka : 24 Jam.

Bukit Parang Endog tidak terlalu jauh jaraknya dari Gumuk Pasir. Jadi, para wisatawan bisa langsung menuju tempat wisata ini setelah dari Gumuk Pasir. Untuk mencapai lokasi wisata ini para wisatawan perlu masuk ke daerah hutan Giricahyo.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Di Batusangkar Yang Menarik

Namun, tenang saja para wisatawan tidak akan kesulitan untuk menemukannya karena tempat wisata ini cukup terkenal. Walaupun dibuka selama 24 jam, waktu yang paling ideal untuk mengunjungi bukit ini adalah pada saat sunrise dan juga pada saat sunset.

Karena para wisatawan bisa melihat pemandangan pantai Parangkusumo yang indah dari ketinggian. Berlatarkan pemandangan matahari yang memukau, banyak wisatawan yang datang mengincar pemandangan ini.

Bukit Bintang di Pathuk

  • Alamat : Kebun Srimulyo, Pathuk, Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Buka : 24 Jam.

Bukit bintang adalah tempat yang ideal bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan malam Yogyakarta. Seperti nama tempat wisatanya, di bukit ini para wisatawan bisa menikmati pemandangan langit malam dengan pemandangan bintang yang jelas.

Karena langit di bukit ini masih bersih dari polusi cahaya jadi masih terlihat dengan jelas. Para wisatawan juga bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dari kejauhan. Sambil menikmati malam, para wisatawan bisa menikmati minuman hangat dari warung di pinggir jalan.

Walaupun bukit ini dibuka selama 24 jam, namun memang waktu yang paling ideal untuk mengunjunginya adalah malam hari. Para wisatawan bisa mengunjungi bukit ini di akhir hari setelah mengunjungi tempat wisata lain di Jogja.

Candi Ijo Di Sleman

  • Alamat : Jalan Candi Ijo, Nglengkong, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.
  • Jam Buka : 09.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Sebagai kota yang kaya sejarah di Indonesia, tidak heran jika tempat wisata di Jogja ada yang berupa wisata candi. Candi Ijo yang terletak di daerah Sleman adalah salah satunya.

Jangan salah paham, nama Candi Ijo bukan berarti candinya berwarna hijau. Namun, karena lokasi candi ini yang berada di titik tinggi di Yogyakarta.

Hal ini membuat pemandangan alam di sekitar candi ini sangat asri, alami, dan tentu saja indah. Tidak hanya itu, para wisatawan bisa melihat pesawat terbang karena lokasinya yang tidak jauh dari bandara.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Maros Yang Wajib DiKunjungi

Jalan Malioboro Paling Ikonik

  • Alamat : Jalan Malioboro
  • Jam Buka : 24 Jam

Berbicara soal tempat wisata di Jogja yang tanpa HTM maka jalan Malioboro juga wajib disebut. Malioboro adalah ikon dari wisata kota Jogja.

Para wisatawan bisa menikmati suasana Jogja yang khas sekaligus berbelanja dengan harga yang terjangkau. Tempat yang ideal untuk mengincar oleh-oleh khas maupun kulineran yang sedap. Apalagi, jalan ini bisa diakses setiap saat.

Itulah berbagai tempat wisata di Jogja, para wisatawan bisa mengunjunginya tanpa khawatir tiket masuk. Wisata pun menjadi lebih terjangkau dan aman di kantong.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *