Pahala Menyantuni Anak Yatim – Setiap agama tentu memiliki ajaran yang baik. Seperti halnya pada Islam yang mengajarkan untuk saling berbagi, apalagi dengan para anak yatim. Dalam hal ini, menyantuni anak yatim telah diperintahkan langsung oleh Allah SWT untuk seluruh umat-Nya. Tentu bagi umat-Nya akan mendapat Pahala menyantuni anak yatim, lebih lengkapnya bisa simak yang berikut:

Mendapatkan Perlindungan Hari Kiamat

Seseorang yang memberikan Sebagian rezekinya kepada anak yatim, niscaya Alloh SWT akan memberikan pahala untuknya. Tentu dalam memberikan suatu hal tersebut diiringi dengan rasa ikhlas. Dengan rasa ikhlas tersebut, seseorang akan mendapat perlindungan di hari kiamat.

Dimana, seseorang tersebut tidak mendapat suatu azab dari Allah SWT. Selain itu, dapat menghindari suatu ancaman yang nantinya terjadi saat hari kiamat. Hal tersebut akan didapat oleh seseorang yang menyantuni, mengasihi anak yatim dan berkata baik kepada mereka.

Dapat Pahala Setara dengan Berjihad

Pahala menyantuni anak yatim yang akan didapat untuk mereka yang melakukannya adalah mendapat pahala seperti orang berjihad. Hal tersebut, seperti yang telah Rasulullah SAW jelaskan bahwa menyantuni anak yatim seperti keluar di sore dan pagi untuk jihad. Dimana, sebelumnya telah terhitung sama seperti bangun malam dan berpuasa di siang harinya.

Dilimpahkan dan Dimuliakan Rezeki

Allah SWT akan memberikan kelimpahan serta kemuliaan bagi mereka yang menyisihkan rezekinya untuk menyantuni anak yatim. Hal tersebut berlaku kebalikannya juga, Allah SWT akan menyempitkan rezeki untuk mereka yang tidak memuliakan serta menyantuni anak yatim. Dimana hal ini tertulis dalam Q.S Al Fajr: 15-17.

Baca Juga:  Ini 7 Hikmah Dari Kisah Nabi Nuh, Harus Tahu!

Terpenuhi kebutuhan Hidup

Tidak hanya persoalan di akhirat saja ketika seseorang memberikan santunan anak yatim. Tetapi, pahala menyantuni anak yatim juga akan berdampak ketika masih di dunia. Dimana, ketika seseorang menyantuni anak yatim, maka akan terpenuhi kebutuhan hidupnya. Mengurus anak yatim dengan sungguh-sungguh dan memuliakannya dijanjikan Allah SWT dipenuhi kebutuhan hidupnya.

Allah SWT akan melipatgandakan harta mereka yang memberikan rezeki ke anak yatim. Tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Shahih At Targhib, Albani dan Malik Ibnu Harits. Bahwasanya ketika ada dua orang tua muslim dan mengikutsertakan seorang anak yatim lalu menyantuninya dengan makan serta minum. Maka akan masuk surga.

Baca Juga : Pahala Infaq Di Masjid Yang Bisa Diperoleh

Baca Juga : Inilah Amalan Nabi Daud Memikat Wanita Yang Bisa Dikerjakan

Bersama dengan Rasulullah di Surga

Selanjutnya, pahala yang akan didapat kepada seseorang yang memberikan santunan dan memuliakan anak yatim memang begitu banyak. Tentunya, hal tersebut dibarengi dengan keikhlasan dalam hatinya. Dimana, Allah SWT akan memberikan pahala kepada mereka. Salah satunya adalah akan dekat dengan Rasulullah ketika di surga.

Seorang Muslim, pastinya sangat menginginkan masuk surga, hal tersebut bisa di dapat dengan menyantuni anak yatim. Tidak hanya masuk surga saja tetapi akan dekat dengan Rasulullah SAW. Terkait dengan penjelasan ini merupakan dari hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari.

Termasuk Orang Beriman dan Minum Mata Air Surga

Masuk golongan orang iman serta taqwa bagi mereka yang memuliakan serta menyantuni anak yatim, akan. Hal tersebut seperti yang tertulis pada surat Al-Qur’an yakni Al-Baqarah ayat 177. Pada ayat itu cukup jelas bahwa mereka yang memberikan santunan termasuk orang yang bertaqwa.

Baca Juga:  Inilah Amalan Nabi Daud Memikat Wanita Yang Bisa Dikerjakan

Selain itu, Allah SWT juga akan memberikan kenikmatan bagi mereka yang berlaku baik terhadap anak yatim. Dimana, kenikmatan tersebut adalah Allah SWT akan memberikan minum dari mata air surga. Hal ini juga tertulis di Q.S Al-Insan: 5,6 dan 8.

Itulah tadi, beberapa pahala menyantuni anak yatim ketika masih di dunia. Dalam hal ini, seseorang dapat kebahagian yang tidak hanya di akhirat saja tetapi juga di dunia. Tentu dalam setiap amal baik yang diperbuat harus diniatkan kepada Allah SWT dan dilakukan dengan hati ikhlas.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.