Pahala Infaq Di Masjid

Pahala Infaq Di Masjid Yang Bisa Diperoleh

Pahala Infaq Di Masjid

Pahala Infaq Di Masjid – Biasanya pembangunan masjid dilakukan setelah mendapat infaq atau sumbangan. Dalam Islam dikenal konsep amal jariyah yang membuat seseorang bisa terus mendapat pahala meskipun hanya beramal sekali. Salah satu amal jariyah yang bisa dilakukan adalah infaq di masjid. Mengingat orang yang beribadah di sana akan sangat banyak maka sudah pasti pahala infaq di masjid sangatlah besar.

Masjid Bukan Sekedar Tempat Ibadah Bagi Umat Islam

Kebanyakan orang salah persepsi dan menganggap masjid hanya difungsikan sebagai tempat ibadah umat Islam. Namun, sebenarnya masjid memiliki fungsi lain lebih dari itu. Sejak zaman Rasulullah masjid sudah digunakan untuk berbagai keperluan dan bukan hanya untuk beribadah semata. Masjid juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menuntut ilmu, berdiskusi, dan bercengkrama dengan sesama muslim.

Masjid di Zaman Rasulullah

Ketika Rasulullah tiba di Madinah kegiatan pertama yang dilakukan adalah memulai pembangunan masjid Quba. Dalam prosesnya yang melibatkan kaum Muhajirin dan Anshar membuat persaudaraan 2 kaum tersebut terjalin semakin erat.

Dari masjid juga lahir banyak ulama terkemuka yang berperan dalam memajukan dan menyebarkan peradaban Islam. Maka tidak mengherankan ada pernyataan “dari masjid hiduplah peradaban Islam.”

Keutamaan Infaq di Masjid Yang Perlu Diketahui

Sebelumnya sudah dibahas kalau masjid bukan hanya sekedar tempat ibadah saja. Masjid memiliki banyak fungsi lain misalnya untuk sarana pendidikan, tempat bermusyawarah dan sebagainya.

Maka bisa disimpulkan kalau masjid memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, infaq di masjid memiliki banyak keutamaan. Berikut ini penjelasan lengkap tentang pahala berinfak di masjid beserta keutamaannya:

Baca Juga : Pahala Mengikhlaskan Hutang Orang Dalam Agama Islam

Baca Juga:  Pahala Memberi Pinjaman Ternyata Sangat Untung

Baca Juga : Mengenal Amalan Sunan Kalijaga Tingkat Tinggi

1. Pahala Jariyah Yang Terus Mengalir

Sudah disinggung sebelumnya bahwa pahala infaq di masjid itu adalah pahala jariyah dan memiliki konsep seperti amal-amal jariyah lainnya. Artinya selama masih ada orang yang menggunakannya untuk beribadah maka orang yang berinfaq di masjid tersebut akan terus memperoleh pahala. Dalam berinfaq pun tentu saja harus disertai dengan niat ikhlas bukan hanya untuk pamer atau riya.

2. Menjauhkan Diri dari Berbagai Bencana

Menurut Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah “Sesungguhnya sedekah mampu memunculkan efek yang menakjubkan dan mencegah beragam jenis bencana walaupun pelakunya seorang fajir atau pendosa, zalim, bahkan orang kafir sekalipun, karena Allah dapat menghapus berbagai bencana tersebut dengan sedekah itu sebagai perantara…”. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa bersedekah bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk terhindar dari bencana.

3. Infaq Bisa Membuka Pintu Rezeki

Selain berpahala besar dan bisa menjauhkan dari bencana, infaq di masjid juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki. Infaq yang diberikan juga tidak harus dalam jumlah besar karena yang terpenting adalah niatnya. Berinfaq harus dilakukan dengan ikhlas serta mengharap ridho Allah swt. Perlu diingat bahwa bersedekah saja tidak membuat seseorang kaya jika tidak disertai dengan bekerja.

4. Menjadi Sarana Penghapus Dosa

Nabi SAW bersabda: “Sedekah itu bisa menghilangkan dosa seperti api yang dipadamkan oleh air“ (HR. At-Tirmidzi). Selain menambah pahala ternyata infaq di masjid juga bisa menjadi sarana penghapus dosa bagi seorang muslim. Namun, tetap saja seorang muslim yang ingin dosanya dihapus haruslah bertaubat, tidak serta merta dosanya akan dihapus karena berinfaq.

Itulah tadi keutamaan dan pahala infaq di masjid yang bisa diperoleh oleh orang yang berinfaq di situ. Karena tergolong ke dalam amal jariyah maka pahala infaq di masjid akan terus mengalir pada orang yang berinfaq. Pahala tersebut akan semakin besar ketika bentuk infaq-nya berupa tanah, dan, atau bahan untuk pembangunan dan renovasi masjid.

Baca Juga:  Amalan Siti Fatimah Az Zahra Sang Wanita Ahli Surga

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *