Pahala Membangun Masjid

Pahala Membangun Masjid – Bukan rahasia jika shalat berjamaah di masjid memiliki pahala yang sangat luar biasa. Diantaranya adalah hadits Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam mengatakan. “Shalat jamaah di masjid melebihi derajatnya 27 kali lipat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari Muslim). Lalu, bagaimana pahala membangun masjid itu sendiri?, yang di dalamnya berkumpul seluruh kebaikan.

Pada saat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam juga para sahabatnya melakukan hijrah menuju Madinah. Hal yang paling pertama Rasulullah dan sahabat lakukan sesampainya di Madinah adalah membangun masjid, dan itu adalah masjid Quba. Ini menunjukkan jika masjid adalah pondasi awal umat muslim. Berikut ini adalah 5 pahala membangun masjid:

Mendapatkan Rumah di Surga

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam mengatakan dalam HR Bukhari, Muslim. “Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal di surge.”. Ini menunjukkan bahwa Allah memberikan balasan yang tinggi bagi orang yang ikhlas mengeluarkan hartanya di jalan Allah dengan membangun masjid. Dan perlu diketahui jika janji Allah pasti nyata.

Hadist yang sangat mulia tersebut menunjukkan bagaimana keutamaan yang besar bagi orang yang membangun masjid dengan ikhlas karena Allah Ta’ala. Berbeda jika membangun masjid dengan niat sombong atau riya. Bukan rahmat dan ridha Allah Ta’ala yang didapat melainkan murka Allah Ta’ala yang akan di dapat. Karena Allah lagi maha mengetahui.

Mendapatkan Pahala Orang Shalat

Hadits Nabi yang berbunyi. “ Barang siapa yang menunjukkan pada kebaikan, maka akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim). Dari hadits tersebut, maka jika dianalogikan ketika ada orang mengajak sholat. Maka sipengajak akan mendapatkan pahala shalat yang dikerjakannya, dan tambahan pahala extra karena mengajak orang lain dalam kebaikan (shalat).

Baca Juga:  Pahala Membaca Al Qur_an Di Hp, Harus Tahu Sebelum Coba!

Maka, jika melihat hadits di atas. Begitu juga dengan orang yang membangun sebuah masjid dengan dasar ikhlas, akan mendapat pahala orang yang shalat di dalamnya. Serta ibadah – ibadah lain sesuai Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam contohkan. Ini menunjukkan jika membangun masjid adalah investasi nyata yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan di akhirat kelak.

Mendapatkan Pahala Jariyah yang Terus Mengalir

Membangun masjid merupakan contoh dari sekian banyak jenis sedekah pahala jariyah. Sesuai dengan poin sebelumnya, bangunan masjid lalu didalamnya terdapat orang yang melakukan ibadah maka si pembangun masjid akan mendapatkan pahala yang sama. Ditambah sabda beliau Shallallahu alaihi wasallam, pahala yang akan datang setelah kematian salah satunya adalah membangun masjid “(HR. Ibnu Majah no. 242)

Baca Juga : Pahala Infaq Di Masjid Yang Bisa Diperoleh

Menjadi Naungan di Akhirat

Pahala membangun masjid yang berikutnya adalah mendapat naungan di akhirat karena sedekahnya. Ada hadits Nabi yang berbunyi “Setiap manusia akan berada pada naungan sedekahnya, sampai diputuskannya perkara – perkara di antara umat manusia.” (HR. Ahmad). Hadits ini juga berlaku bagi orang yang membangun masjid dengan ikhlas karena Allah Azza Wa Jalla.

Dapat Menghapuskan Dosa

Membangun masjid, memberi sedekah kepada yang membutuhkan, memberi makanan kepada sesama muslim untuk berbuka puasa. Itu semua merupakan sedekah. Dengan bersedekah, mampu mendatangkan pengampunan Allah Azza Wa Jalla. Ini didasari oleh hadist Nabi Shallallahu alaihi wasallam , “ sedekah itu dapat menghapuskan dosa seperti air memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Berikut tadi adalah beberapa keutamaan atau pahala membangun masjid. Lakukan segala perbuatan kebaikan didasari dengan rasa ikhlas agar pahala dicatat dengan sempurna oleh Allah Azza Wa Jalla.

Baca Juga:  Hikmah Ibadah Qurban, Harus Tau!
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.