6 Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Agar Tahan Lama Bertahun-Tahun

6 Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Agar Tahan Lama Bertahun-Tahun

Tips Memilih Keramik Dinding

Tips Memilih Keramik Dinding – Keramik banyak digunakan sebagai pelapis untuk dinding dapur. Agar tidak salah beli, perlu diketahui tips memilih keramik dinding dapur yang sesuai. Memilih keramik yang baik akan menjaga dinding tetap bersih dan nyaman dalam melakukan aktivitas memasak di dapur.

Dinding dapur memang sangat rentan terkena kotoran maupun terpengaruh kelembaban. Untuk itu, banyak yang menggunakan keramik sebagai pelapisnya. Keramik dipilih karena meminimalisir resiko dinding kotor dan selain itu mudah juga dibersihkan. Berikut adalah tips-tips yang bisa diikuti:

Perhatikan Material Keramik

Adapun yang utama dalam tips memilih keramik dinding dapur adalah memperhatikan material dan kualitas dari keramik itu sendiri. Selain sebagai fungsi estetik, pemilihan material keramik juga memperhatikan fungsi yang akan digunakan di dinding dapur.

Untuk bahan keramik dinding dapur bisa pilih bahan bertekstur vinyl, kasar atau dari keramik batu alam. Pastikan keramik dapat tahap uap dan panas agar tidak mudah retak. Berikut ini adalah referensi material keramik untuk dinding dapur :

  • Marmer. Bahan keramik marmer adalah yang paling banyak digunakan. Marmer memiliki variasi dan motif yang beragam.
  • Glazed Ceramic Tiles. Jenis keramik ini adalah keramik yang permukaannya dilapisi glasir (glazur) atau permukaan yang mengkilap.
  • Porselen. Porselen memiliki tekstur tampak licin, transparan, dan tidak berpori. Proses pembakarannya memerlukan waktu lebih lama dari keramik sehingga membuatnya tahan lama.
  • Kaca. Kaca memiliki permukaan yang berkilau. Sangat cantik dengan variasi warna maupun motif mozaiknya. Kaca memang material yang mudah dibersihkan.

Perhatikan Pemilihan Warna Keramik

Memilih warna keramik perlu diperhatikan demi keseimbangan perpaduan warna dengan elemen-elemen yang ada dengan selera dan kreatifitas ide. Warna juga memberi kesan luas sempitnya ruangan. Kalau ingin ruangan yang terlihat luas, disarankan memilih cat rumah berwarna terang.

Baca Juga:  Cara Mengubah Sandi Wifi Indihome Paling Simpel

Tips pemilihan warna keramik dinding dapur itu harus seimbang dengan warna lantai, platform, dan warna cat dinding. Misalnya ruangan dapur didominasi dengan warna lembut. Cobalah gunakan warna keramik dinding dapur yang sedikit lebih terang.

Pilih Ukuran Keramik Sesuai Kebutuhan

Pemilihan ukuran keramik juga tak kalah penting. Hal ini untuk memperhatikan keserasian dan kerapian dari tatanan keramik yang disesuaikan pula dengan luas ruangan. Memilih keramik dengan ukuran yang pas dapat memanipulasi dapur terlihat luas dan rapih.

Tips dalam memilih ukuran keramik untuk dinding dapur, kalau memilih ukuran keramik berukuran besar, makan ruangan akan terkesan luas. tetapi itu tidak cocok untuk ukuran dapur yang sempit. Sebaliknya, gunakan keramik yang berukuran sedang atau kecil.

Pilih Motif yang Sesuai

Pemilihan warna, ukuran dan juga motif yang disesuaikan dengan konsep atau tema ruangan akan membuat dapur terlihat lebih menarik. Motif keramik dinding dapur juga mencerminkan kreatifitas ide dari pemiliknya.

Penggunaan keramik untuk dinding dapur tidak hanya untuk perlindungan kerentanan kotoran saja, tetapi juga dapat memberikan nilai estetika. Pemilihan motif disesuaikan dengan tema dapur dan selera masing-masing.

Sesuaikan Harga Keramik dengan Kebutuhan

Memilih material keramik yang berkualitas memang perlu, tetapi imbangi juga dengan kebutuhan serta budget yang mendukung. Sebelum memutuskan untuk memilih keramik dinding dapur, pertimbangkan anggaran dana yang akan digunakan.

Jika memang sedari awal sudah memiliki rencana anggaran untuk membeli keramik, maka saat pembelian, lakukan perbandingan harga terhadap beberapa merek atau model keramik. Bandingkan juga harga keramik dari berbagai tempat penjualan keramik.

Cari Keramik yang Bergaransi

Tips memilih keramik dinding dapur terakhir adalah carilah yang bergaransi. Setelah memutuskan model keramik yang diinginkan, perlu diperhatikan juga apakah keramik yang kita pilih memiliki garansi. Untuk mengetahuinya, bisa langsung tanyakan kepada penjual.

Baca Juga:  Cara Memasang Walpaper Kamar Mandi Yang Mudah Diikuti

Pengiriman keramik biasanya hanya menggunakan kemasan dus. Hal ini tidak menjamin keramik akan datang dalam kondisi baik atau tidak. Keramik yang bergaransi akan memudahkan untuk pengembalian barang yang terdapat kerusakan.

Itulah 6 tips memilih keramik dinding dapur yang bisa dicoba. Tips ini akan membantu dalam memilih keramik dinding yang efektif dan sesuai dengan selera pemilik. Selain itu, bisa juga berkonsultasi dengan jasa desainer interior untuk hasil yang lebih memuaskan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *