Pahala Sedekah 700 Kali Lipat, Simak 6 Cara Mengamalkannya!

Pahala Sedekah 700 Kali Lipat, Simak 6 Cara Mengamalkannya!

Pahala Sedekah 700 Kali Lipat

Pahala Sedekah 700 Kali Lipat – Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan amalan tersebut. Karena amalan ini, selain dapat mendatangkan pahala, bersedekah juga dapat menjadi cara menjalin hubungan baik dengan orang lain. Terdapat beberapa riwayat yang mengatakan bahwa pahala sedekah 700 kali lipat yang mana akan diberikan kepada umat Muslim yang tawakal dalam melakukannya.

Terdapat 6 cara yang dapat dilakukan oleh umat Muslim untuk mengamalkan sedekah agar mendapatkan ganjaran pahala beratus-ratus kali lipat. Amalan sedekah sangat bermanfaat bagi kesejahteraan umat Muslim dari pihak yang memberikan maupun pihak yang menerimanya.

Bersedekah dengan Hati yang Ikhlas

Cara mengamalkan sedekah agar mendapatkan pahala yang melimpah adalah dengan bersedekah dengan hati yang ikhlas. Cara bersedekah semata-mata menginginkan ridha Allah SWT adalah amalan yang sangat dianjurkan, bahkan oleh Rasulullah SAW. Amalan sedekah yang dilakukan hanya bertujuan untuk mendapat pujian dari sesama manusia tidak akan diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Maka dari itu, dianjurkan ketika bersedekah baik dalam jumlah sedikit maupun besar tetap mengutamakan hati yang ikhlas dan hanya mencari ridha dari Allah SWT. Menafkahkan harta di jalan Allah SWT menjadi anjuran yang disunnahkan, bahkan diwajibkan apabila seorang Muslim memiliki rezeki yang berlebih untuk dibagikan kepada sesama.

Baca Juga : Pahala Infaq Di Masjid Yang Bisa Diperoleh

Mengamalkan QS Al-Baqarah Tentang Bersedekah

Pembahasan mengenai pahala sedekah 700 kali lipat telah dijelaskan dalam firman Allah SWT, yaitu terdapat pada QS Al-Baqarah ayat 261. Walaupun tidak ada ayat firman Allah dan riwayat Muslim yang secara spesifik menjelaskan tentang pahala sebesar 700 kali lipat, namun QS tersebut termasuk yang mendekati penafsiran pahala bersedekah beratus-ratus kali lipat.

Baca Juga:  Pahala Mengikhlaskan Hutang Orang Dalam Agama Islam

Pada ayat 261 yang menjelaskan tentang perumpamaan umat Muslim yang menginfakkan dan bersedekah atas hartanya di jalan Allah SWT adalah seperti menumbuhkan satu biji pada tujuh tangkai. Hal tersebut menjadi asal muasal dari imbalan pahala sedekah sebanyak 700 kali lipat yang diganjarkan pada umat Muslim yang bersedekah dan berinfak.

Jangan Bersifat Rakus Ketika Bersedekah

Walaupun ganjaran pahala bersedekah beratus-ratus kali lipat, seorang Muslim dilarang bersifat rakus ketika bersedekah. Rakus dalam arti bersedekah hanya ingin dipandang oleh sesama manusia tanpa melihat bahwa bersedekah adalah atas Allah SWT.

Selain itu, rakus juga merupakan sifat yang tidak baik dan lebih baik dihindarkan karena amalan yang baik seperti bersedekah apabila dilakukan secara rakus maka tidak akan menghasilkan pahala.

Tidak Mengulur Waktu Ketika Bersedekah

Amalan dan pahala sedekah 700 kali lipat juga kurang lebihnya dibahas pada hadits riwayat Muslim, yang mana terdapat riwayat yang mengatakan bahwa banyak orang yang pelit dan perhitungan ketika melakukan sedekah.

Selain itu juga banyak yang mengulur waktu ketika mengeluarkan sedekah sampai kepada ketika nyawa berada pada ujung tenggorokan. Hal tersebut karena di setiap rezeki yang diperoleh, di dalamnya terdapat hak orang lain yang tidak boleh diabaikan.

Baca Juga : Pahala Mengikhlaskan Hutang Orang Dalam Agama Islam

Memberi Sedekah Kepada Saudara Kandung

Cara mengamalkan sedekah berikutnya adalah bersedekah kepada saudara kandung, yang mana menurut beberapa ulama adalah amalan yang harus diutamakan. Hal tersebut karena beberapa ulama mengatakan bahwa memberikan sedekah kepada orang-orang terdekat di sekitar.

Selain saudara kandung, bersedekah kepada tetangga juga sangat dianjurkan. Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa jangan sampai membiarkan tetangga kelaparan dan kesusahan.

Baca Juga:  4 Amalan Agar Terhindar Dari Siksa Kubur Dan Neraka Yang Mudah Dilakukan

Memberikan Infak dan Sedekah Kepada Orang Beda Agama

Cara pengamalan sedekah dengan pahala 700 kali lipat juga berlaku bagi umat Muslim yang bersedekah kepada bukan sesama Muslim atau beda agama. Beberapa ulama mengatakan bahwa, bersedekah pada siapapun tanpa perlu memandang apa agamanya akan mendapatkan pahala yang sama dengan bersedekah kepada sesama umat Muslim.

Hal tersebut berarti, bersedekah untuk siapapun akan tetap mendapatkan pahala dan kebaikan yang sama dari Allah SWT. Baik itu di dunia maupun di akhirat kelak.

Itulah 6 cara pengamalan sedekah yang dapat dilakukan oleh umat Muslim agar mendapatkan pahala sedekah 700 kali lipat dari Allah SWT. Berinfak dan bersedekah adalah amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan agar mendapatkan pahala sekaligus mensejahterakan sesama umat manusia di dunia. Bersedekah dengan ikhlas hanya karena ridha Allah juga sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *